LSM Pattiro Yakin PLTU Tidak Bakal Ada di Kendal

Posted: Maret 20, 2011 in NYOROT PEJABAT

KENDAL – LSM Pusat Penelaah Informasi Regional (Pattiro) Kendal, meyakinkan rencana ada proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di wilayah Kendal tidak akan pernah ada. Hal itu bertentangan dengan stitmen-stitmennya Bupati Kendal dr. Hj. Widya Kandi Susanti, MM diberbagai media. Dimana, Bupati Widya mengklaim telah berhasil melakuan pendekatan dan kerjasama bersama sebuah perusahaan besar dari India yang akan membangun proyek PLTU di wilayah Pidodo, Cepiring Kendal tersebut.

“Setelah kami uji dengan informasi yang ada,  kami yakinkan PLTU tidak bakal ada di Kendal. Hal itu dikuatan dengan sinyal dari PLN sendiri dimana Kendal tidak masuk dalam draf perencanaan. Yang ada di peta proyek PLN terkait PLTU antyara Batang sampai Tegal,”terang Direktur Eksekutif Pattiro Kendal, Rusmawardi, kepada METEOR, di kantornya, Jl Brangsong Kendal, kemarin.

Lalu bagaimana dengan pernyataan Bupati Widya diberbagai media? Menurut Rusmawardi, hal itulah yang hingga kini menjadikan organisasinya meragukan apa yang dilakukan oleh Bupati hanya sebagai manuver opini aja. Pembuktiannya sangat sulit. Hal itu berdasarkan sejumlah release dari PLN sendiri, yang tidak pernah nyebut-nyebut bakal ada proyek PLTU di Kendal.

Merujuk pada informasi yang didapat Pattiro, di Jateng ini PLN rencananya akan membangun PLTU karena berdasarkan pada pertimbangan balance energy di pulau Jawa. Hal ini atas dasar kajian dan simulasi keandalan, transien, stabilitas, analisa beban dan kapasitas saluran transmisi untuk base generation 2 x 1000 MW. Sistem Jawa – Bali menunjukkan opsi lokasi terbaik adalah di pantai Utara Jawa Tengah, namun di sekitar Pemalang, bukan di wilayah Kendal.
Lebih lanjut dikatakan Rusmawardi, kunker Bupati Kendal ke India terkait dengan kontrak kerja soal PLTU ini juga patut dipertanyakan. Karena dalam lawatannya tersebut tidak mengikut sertakan lembaga legislative. Hal ini jelas selain tidak etis dalam sebuah lembaga pemerintahan, sisi lainnya terkesan ada main mata.
Sebagaimana diberitakan diberbagai media, Bupati Kendal dr. Hj Widya Kandi Susanti MM meyakinkan bakal ada proyekPLTU di Kendal. Dari proyek tersebut diharap bakal menyerap tenaga kerja capai ribuan. Selain itu, akan berdampak postifi bagi pembangunan masyarakat di Kendal sendiri.  Namun terkait pernyataan LSM Pattiro yang yakin tidak bakal ada PLTU dibangun di Kendal, Bupati Kendal Widya sendiri, belum bias mengomentarinya. Saat di hubungi melalui pesan singkat ke HP-nya, hingga berita ini dirurunkan belum memberi keterangan. (kor-jec/meteor)

Data teknis PLTU Jateng adalah sebagai berikut :
1.    Lokasi                         : Pemalang – Batang Jawa Tengah
2.    Kapasitas                    : 2 x 1000 MW
3.    Jenis                            : PLTU Batubara
4.    Tekonologi                 :PulverizedCoal:Supercritical/Ultrasupercritical
5.    Rencana Operasi        : Unit-1, tahun 2016
6.    Masa Kontrak             : BOT – 25 tahun
7.    Nilai Proyek                : USD$ 3 Milliar
PT PLN (Persero) telah selesai melakukan Pra- Qualifikasi (PQ) pada bulan November 2009 dan ada tujuh (7) calon investor asing yang telah lulus proses PQ sebagai berikut :

·    Mitsubishi
·    Konsorsium China Yudean – CNTIC
·    Konsorsium of GDF Suez & J-Power
·    Konsorsium International Power & Mitsui
·    Marubeni
·    KEPCO
·    Guohua Electric Power Company (GEPC) (subsidiary of Shenhua)
Sumber : Pattiro Kendal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s