Aktivis Buruh Menyoroti Dugaan Maklar Jabatan di Kendal

Posted: Agustus 26, 2010 in NYOROT PEJABAT

Nur Cahyo : Birokrasi dan Pejabat Setingkat Kepala Dinas Resah

KENDAL – Sepak terjang dugaan oknum PNS berinisial AS yang mengomandani ‘maklar’ jabatan dilingkungan Pemkab Kendal tidak sekedar membuat keresahan di kalangan birokrasi setempat saja. Bahkan dikalangan masyarakat, dan para aktivis pergerakan ikut mengaku prihatin. PNS yang mengaku-ngaku orang dekat Bupati Kendal dr Hj Widya Kandi Susanti ini, mendapat sorotan keprihatinan dari seorang aktivis perburuhan SP DPD Kahutindo Jateng, Nur Cahyo.

Kepada koran ini, Nur Cahyo menyesalkan adanya dugaan praktik-praktik yang dilakukan sekelompok orang dengan menyebut-nyebut dari kalangan orang dekat Bupati dr. Widya. Dia mensinyalir, praktik maklar jabatan ini pasti akan mengundang  gejolak di lingkungan Pemkab Kendal. Pasalnya, sekarang sudah menjadi kabar hangat, kalau Bupati Widya sudah memiliki calon-calon pejabat yang sudah dipersiapkan. Dan susunan jabatan setrategis tersebut konon yang mencarikan dari sekelompok orang yang mengaku-ngaku dekat dengan Bupati Widya. Disebut Nur Cahyo, selain oknum PNS berinsial AS tersebut ada sejumlah orang lagi yang bergerilya. Mereka  itu dibawah komando AS.

“Sekarang, yang resah para pejabat eselon dua, setingkat Kepala Dinas – Kepala Dinas di Pemkab Kendal. Karena, mereka sudah dikabarkan akan diganti semua. Ini kabar sudah menyebar dikalangan birokrasi dan sejumlah masyarakat yang mengamati keadaan roda pemerintahan yang baru saja dipimpin Bupati dr. Widya. Tidak hanya setingkat Kepala Dinas, tapi para Camat dan hamper Kepala SKPD akan dirombak total. Tapi itu Wallahua’lam-lah,”ungkap Nur Cahyo yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Darmo Munyuk ini, Kamis (26/8) kemarin.

Ditambahkan pria berkaca mata asal Boja Kendal ini,  pihaknya yakin kalau Bupati Widya memiliki komitmen tinggi soal keprofesioanaland alam menempatkan pejabat-pejabatnya kelak. Dan dia percaya, Bupati pertama perempuan yang dipilih rakyat secara langsung ini memiliki integritas kepemimpinan yang tidak diragukan. Sehingga, apapun  rumor yang terjadi diluar tidak akan mempengaruhi keputusannya dalam merombak jabatan-jabatan yang dirasa penting untuk mendukung roda pemerintahannya.

Sementara, salah seorang tokoh masyarakat yang juga menjadi tim sukses kemenangan Bupati dr Widya, H. Mundakir sangat menyayangkan kabar tersebut. Pihaknya percaya Bupati dr Widya nantinya akan mengikuti aturan main yang professional dan prioposional dalam menempatkan pejabat-pejabat yang dirasa loyal dan bisa membantu dalam tugas-tugasnya kenegaraan.”Mari kita serahkan sepenuhnya soal jabatan atau kebijakan-kebijakannya kepada beliau (Bupati der. Widya, red) saja. Beliau kan sudah membantah dengan tegas, bahwa kabar adanya maklar jabatan itu tidak akan diurusinya,”ujar H Mundakir, Kamis (26/8) kemarin sore.

Sekedar diketahui, Bupati Kendal dr Widya telah membantah pihaknya menyuruh atau memberi mandat kepada sekelompok orang untuk merekrut calon pejabat. Apalagi dengan menggunakan uang. Jika ada PNS yang mau didekati dan dirayu dengan iming-iming jabatan setrategis oleh oknum-oknum PNS itu bukan perintah darinya. Yang jelas, selama ini Bupati dr. Widya tidak tahu menahu soal adanya maklar jabatan. (meteor/kor-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s