Badai Ngedan, 2 Orang Nelayan Tewas

Posted: Februari 17, 2009 in ISDETH

KENDAL – Badai yang menyerang dibarengi gulungan ombak hingga tiga meter lebih, mengobrak-abrik sepuluh kapal milik para nelayan di muara Kali Kuto, Gempolsewu, Rowosari Kendal, Senin (16/1) petang. Tragedi badai maut ini menjungkir balikan perahu-perahu pencari ikan ini tenggelam. Ada yang pecah jadi dua. Akibat kejadian, dua nelayan harus meregang nyawa dan akhirnya ditemukan tewas tidak jauh dari lokasi kejadian.

Korban tewas masing-masing Subari (55), warga Dukuh Rejosari, dan Zaenal Arifin (20), warga Dukuh Tawang, Desa Gempolsewu, Rowosari Kabupaten Kendal. Sedang belasan nelayan lainnya yang ikut digulung ombak berhasil menyelamatkan diri. Salah seorang saksi mata yang juga ikut jadi korban amukan badai, Juman, warga Gempolsewu sendiri ini mengatakan, kejadian ini Senin (16/1) persis jelang Maghrib, waktu setempat.

Menurut kesaksian Juman, yang juga salah satu pemilik kapal yang pecah dan mengkibatkan rekannya tewas, yaitu yang bernama Subari ini, gulungan ombak memang sudah dirasakan ‘nakal’ sejak dari tengah. Padahal, cuaca sat itu tidak terlalu buruk. Namun ketika menepi dan mulai memasuki muara sungai Kali Kuto, wilayah perairan Tawang Laut Rowoasri mendadak badai menyerang dan ombakpun ikut-ikutan mengamuk.

Informasi koran ini menyebutkan, dua nelayan yang tewas itu ditemukan tidak jauh dari lokasi kejadian. Subari ditemukan selepas waktu Maghrib, dan korban Zaenal Arifin ditemukan menyusul sekitar pukul 21.00 malam. Akibat mudibah ini jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp 80 juta, rinciannya, Rp 70 juta untuk harga kapal sedang Rp 10 juta lainnya selain hasil tangkapan ikan juga mesin-mesin kapal yang hilang. (jec/METEOR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s