Persik Kendal Terancam Bubar

Posted: Februari 10, 2009 in sorotan pemerintahan

Pemkab Kendal Sudah Tidak Sudi Ngurusi Lagi

KENDAL – Persatuan Sepak Bola Indonesia Kendal (Persik) milik kebanggan masyarakat Kendal, kini terancam bubar. Hal tersebut dikarenakan pihak Pemkab Kendal sudah tidak bakal lagi mensubsidi kegiatan kesebalasan yang selama ini belum pernah mengukir kesuksesan. Padahal, dana yang digelontrokan pihak Pemkab Kendal dengan alokasi dari APBD selama ini besar. Bahkan sampai terjadi Rp 3 milyar. Edan Ora ndaa….? Tapi bagaimana untuk tahun 2009?

Tahun 2009 pasukan lapangan maupun pengurusnya bakal gigit jari. Pasalnya, pihak KONI Kendal sendiri hanya meneteskan operasional Rp 100 juta. Padahal, selama ini Pemkab Kendal mensubsidi kegiatan olah raga lapangan hijau tersebut minimal Rp 1, 5 milyar. Tahun-tahun sebelumnya pernah mencetak rekor Rp 3 milyaran. Menanggapi ancaman ini, pihak KONI Kendal tidak bisa berbuat apa-apa.

Ketua KONI Kendal, Subur Isnadi saat dikonfirmasi terkait dengan ancaman Persik Kendal ini tidak pihaknya mengaku tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, dari pihak Pemkab Kendal sendiri untuk tahun anggaran APBD 2009 hanya menyetujui Rp 2, 1 milyar untuk KONI. Sedang Persik, sama sekali tidak ada. Sebagai itikad baiknya itu, pihaknya akhirnya memberikan dana operasional ke Persik sebesar Rp 100 juta. Dan dilihat dari Pengcab yang ada, hanya Persik yang paling besar.

Dana operasional untuk KONI ini memang terpisah dengan Persik. KONI membawahi pengurus cabang (Pengcab) olah raga yang ada di Kendal. Sedang Persik itu sendiri bukan wewenangnya KONI untuka memberikan uang opersional. Dari kami (KONI, red) memberikan Rp 100 juta tapi untuk Pengcab sepak bola di Kendal. Bukan Persik. Ini perlu dipahami dan diketahui berbagai pihak,”ujar Subur, saat ditemui di PN Kendal, Selasa (10/1) kemarin.

Bagaimana tidak bakal terancam bubar. Pasalnya, Persik Kendal sekarang ini sudah masuk divisi I. Padahal untuk sekali putaran pertandingan saja sudah jelas membutuhkan anggaran besar. Dan selain chose-nya besar, anggaran transportasi serta makan sangat membengkak karena lawatannya dipastikan harus keluar daerah.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua Persik Kendal Supriyono belum bisa dihubungi koran ini terkait ancaman bubarnya kesebelasan sepak bola milik Kendal tersebut. Termasuk kesiapan langkah kelanjutannya jika Persik ini benar-benar sudah tidak diurusi lagi APBD Kendal. (jec)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s