3 Warga Ngalian Ditahan Polisi Hutan

Posted: Januari 30, 2009 in hukum dan kriminal

KENDAL – Tiga warga asal Ngalian Semarang, kini terpaksa meringkuk disel tahanan kepolisian Polres Kendal. Mereka ditahan setelah ditangkap dari satuan Polisi Hutan (polhut) Perhutani KPH Kendal gara-gara diduga mencuri kayu jati gelondongan di tempat pelelangan kayu (TPK) Gambilangu, Kaliwungu milik Perhutani KPH Kendal. Herannya, TPK Jati ini berdampingan dengan perkampungan lokalisasi Gambilangu alias JBL yang tidak pernah sepi. Namun kawanan pencuri ini bisa lolos begitu saja.

Para tersangka adalah Riyadin (43), dan Lestari (34), keduanya warga Kampung Desa Plumbon, Wonosari Ngalian Semarang, dan Mustakin alias Ali (32), Kampung Tambak Aji, Kelurahan Ngalian Semarang. Ketiganya ditangkap di rumahnya masing-masing setelah petugas Polhut Perhutani KPH Kendal mendapatkan barang bukti dan saksi-saksi. Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti kayu jati gelondongan sekitar 1, 44 kubik.

Informasi koran ini menyebutkan, tiga tersangka ini mencuri gelondongan kayu jati di TPK Gambilangu Kendal (7/1) malam lalu. Sebanyak 8 potong kayu jati yang berhasil dicuri dengan cara menggotong. Ukuran panjangnya antara 1 sampai 2 meter dengan mondeling antara 25- 34 cm. Terungkapnya pencurian ini setelah ada pengecekan dari petugas Perhutani KPH Kendal. Begitu diketahui hilang, petugas dari KPH Perhutani melakukan penelusuran. Dan hasilnya, berhasil mengendus pelakunya.

Kasus pencurian ini diakui oleh salahseorang petugas Polhut Perhutani Kendal sendiri. Pencurian ini terjadi di TPK Jati di Gambilangu. Yang mengherankan, di TPK setiap waktu ada petugas jaganya, namun kejadian ini bisa sampai terjadi.”Mereka mencuri dengan cara nggotong lalu diangkut pakai angkutan mobil. Namanya saja pencuri, malah ahli dan lebih awas dari dari penjaganya, itu pasti lah,”ujar salah seorang petugas dari KPH Perhutani Kendal, kepada koran ini, kemarin.

Tersangka dijerat pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian. Ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara. (jec)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s