Perhitungan APBD Kendal 2007 Terlambat Jadi Disorot Dewan

Posted: Juli 3, 2008 in sorotan pejabat kendal

klik meteorpantura buka form berita

KENDAL – Perhitungan APBD tahun 2007 oleh ekskutif dinilai anggota dewan lambat. Berdasarkan Permendagri nomor 13 tahun 2006, perhitungan tersebut harus selesai dalam enam bulan sejak Januari. Itu artinya akhir Juni 2008 harus sudah beres. Namun kenyataannya, hingga kini nota perhitungan yang dijadikan kunci APBD Perubahan 2008 tersebut belum selesai. Sorotan dewanpun mengalir. Bahkan, akibat keterlambatan laporan tersebut dewan menduga ada kesalahan dalam sistem manajemen keuangan.

Anggota Komisi A Benny Karnadi menilai, ada yang tidak beres dalam sistem manajemen keuangan Pemkab. Padahal, perhitungan APBD tahun 2007 adalah kunci untuk membahas dalam anggaran APBD Perubahan 2008 karena dari hasil laporan itu akan diketahui apakah surplus atau defisit anggaran. Tapi jika ekskutif nantinya tidak cerdas, lanjut Benny APBD Perubahan 2008 terancam bisa bermasalah.

Akhirnya berdampak pada pembangunan dan kepentingan sosial masyarakat. Keuangan akan terganggu, manajemen tidak jalan. Dan saya melihat, keterlambatan ada dugaan soal laporan keuangan yang kurang beres. Dan hasil audit BPK juga akan menentukan kesuksesan. Karena ada tiga kemungkinan hasi audit keuangan Pemkab Kendal yang mempengaruhi, yaitu pertama wajar tanpa pengecualian, kedua wajar dengan pengecualian, dan ketiga disclaimer (tidak berpendapat). Jika sampai pont tiga ini yang jadi alasan BPK lambat menurunkan hasil auditnya, ini fatal,”ujar Benny Karnadi, kepada koran ini, Kamis (3/7) kemarin.

Soal disclaimer ini, diakui juga wakil ketua DPRD Kendal H Hasanudin. Hasil audit BPK ada yang disclaimer, yaitu laporan keuangan DPKD. Hal inilah yang diduga melatar belakangi adanya keterlambatan perhitungan APBD Kendal 2007 tersebut. Sekda Kendal H Mulyadi ketika dikonfirmasi terkait adanya disclaimer ini dengan tegas membantahnya. Dikatakannya, hasil audit BPK untuk Pemkab Kendal tidak ada istilah disclaimer.

Audit BPK tidak ada yang disclaimer. Itu kata siapa? Dan soal perhitungan APBD 2007 tidak ada keterlambatan. Jika memang terlambat itu karena jadwal dewan yang padat saja,”kata Sekda Mulyadi, ketika dihubungi HARIAN METEOR melalui ponelnya, tadi malam. b

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s