Ketua Dewan : Syarat Mutlak Wabup Minta Maaf Dewan

Posted: Juli 3, 2008 in NYOROT PEJABAT

klik meteorpantura buka form berita

Sekda Kendal Loby Pimpinan Dewan Biar Bisa Legowo

KENDAL – Paripurna Perhitungan ABPD Kabupaten Kendal Tahun 2007 kian suram. Setelah stitmen di HARIAN METEOR akan melakukan kesepakatan-kesepakatan bersamama pimpinan dewan, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kendal H Mulyadi SH, Kamis (3/7) kemarin, menepati janjinya itu. Dengan langkahnya yang mantap menemui unsur pimpinan dewan setempat, yaitu Ketua DPRD Kendal Drs H Akhmat Suyuti dan dua wakil ketua H Hasanudin dan Abdullah di ruang ketua sendiri.

Namun apakah dengan hadirnya Sekda Mulyadi penyampaian nota keuangan Pemkab Kendal yang dikemas dalam Sidang Paripurna Perhitungan APBD Tahun 2007 sukses? Tentu masih ada syarat mutlak yang harus dipenuhi ekskutif. Syarat mutlak tersebut adalah klarifikasi dari Wakil Bupati (Wabup) Kendal Dra Hj Siti Nurmarkesi yang dimana sebelumnya dipersoalkan anggota dewan, yaitu atas pernyataannya yang dinilai menyakitkan bagi wakil rakyat (baca: HARIAN METER edisi Kamis, 3/7).

Syarat dewan akan siap menjadwalkan paripurna perhitungan APBD tahun 2007 sebelum di-panmus-kan tersebut ditegaskan Ketua DPRD Kendal Drs H Akhmat Suyuti, Kamis (3/7) kemarin. Menurut Akhmat Suyuti, pihaknya terima masukan dari anggotanya sebelum Wabup Kendal minta maaf atau mengklarifikasi atas pernyataan kontrovesialnya di muka umum sidang paripurna perhitungan APBD Kendal tahun 2007 tersebut untuk ditunda.

Masukan dari anggota pada pimpinan agar jangan sampai dewan menjadwalkan paripurna perhitungan APBD tahun 2007 untuk ekskutif. Hal itu terkait pernyataan saudara Wabup Kendal yang dinilai kurang menghormati konstitusi dewan. Dari masukan itu agar kedepan Bu Wakil bisa menjaga diri jangan sampai stitmen yang berakibat lebih fatal lagi. Karena beliau kan seorang wakil bupati jadi harus bisa lebih profesional lagi dalam sikap-sikapnya,”papar Akhmat Suyuti, kepada wartawan di ruanga kerjanya, Kamis kemarin seusai menerima Sekda Kendal Mulyadi.

Ketika dicegat wartawan di luar gedung dewan, Sekd Kendal Mulyadi menolak memberi keterangan sembari jalan cepat masuk ke mobil dinasnya dan meninggalkan gedung dewan. Wakil Ketua Dewan H Hasanudin, ketika ditanyakan terkait kedatangan Sekda Mulyadi mengakui adanya kesepakatan antara ekskutif-legislatif akan menjadwalkan paripurna perhitungan APBD tahun 2007. Disebutkan Hasanudin, salah satu poin dalam kesepakatan bersama Sekda Mulyadi tersebut adalah soal klarifikasi atas pernyataan Wabup Kendal.

Sementara, hingga kini Wabup Kendal Dra Hj Siti Nurmarkesi belum sedia memberikan tanggapan atas konfirmasi wartawan HARIAN METEOR ini. Di hubungi melalui short masage service (SMS) Wabup Kendal yang berangkat dari Partai Golkar tersebut belum memberi balasan.

Seperti diberitakan koran ini, kalangan anggota dewan merasa dilecehkan atas pernyataan Wabup Kendal Dra Hj Siti Numarkesi. Menurut sumber dari dewan sendiri, pernyataan itu disampaikan ketika meresmikan SMK Pageruyung 26 Juni lalu. Wabup Kendal menyatakan dihadapan khalayak umum termasuk pejabat penting di Kendal, kalau anggota dewan tidak bisa hadir karena sedang meresmikan proyek-proyek di Jawa Timur dan Jakarta. Padahal, saat itu anggota dewan sedang melakukan tugas kunker. Namun demikian, saat itu ada pimpinan dewan, yaitu Ketua sendiri Drs Akhmat Suyuti dan Wakil Ketua H Hasanudin.

Bukti kemarahan anggota dewan ketika 30 Juni lalu digelar sidang paripurna Perhitungan APBD tahun 2007 di gedung dewan, terjdi interupsi keras dari anggota Komisi A, H Benny Karnadi. Interupsi agar paripurna dibatalkan. Selain tidak kuarum Benny juga menyatakan sikap politiknya, jika Wabup Kendal belum melakukan klarifikasi maka sidang paripurna tersebut tidak akan diikuti dewan. (jec)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s