Kepala DPU Salatiga Ditetapkan Tersangka

Posted: Juni 30, 2008 in kasus korupsi

SEMARANG- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng menetapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Salatiga Saryono, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan pembangunan Jalan Alternatif Argomulyo-Sidorejo. Sebelumnya Saryono terseret dua kasus dugaan korupsi yang ditangani Kejaksaan Negeri (kejari) Salatiga yaitu dugaan korupsi proyek tahun 2005 dan kasus penyimpangan pembangunan Gedung Lap IPA di SMA 1 tahun 2003-2004. Selain Saryono, Ketua Tim Pemeriksa Kegiatan, Ir Budi Sasama, juga ditetapkan sebagai tersangka.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng Uung Abdul Syakur didampingi Kasi Penyidikan Gatot Guno Sembodo, Jumat (27/6) kemarin menyatakan Kejati sudah menyiapkan 4 jaksa penyidik untuk menuntaskan perkara terebut. Menurut Uung sudah ada 15 orang saksi yang dipanggil untuk dimintai keterangan. Sayangnya Uung tidak mengungkapkan nama-nama saksi yang akan dimintai keterangan tersebut.

“Kasus ini dinaikkan ke penyidikan karena telah ditemukan bukti penyimpangan bestek dan dugaan mark up dana. Diduga proyek jalan sepanjang 840 meter pada 2005 tersebut telah merugikan negara sebesar Rp 260 juta lebih,” jelasnya.

Perkara yang menyeret Saryono itu berupa penyimpangan yang dilakukan DPU antara lain menerima dan menyatakan proyek telah selesai seratus persen. Tetapi kenyataannya proyek belum selesai. Saryono adalah orang yang bertanggungjawab karena dialah yang membuat berita acara pemeriksaan serah terima proyek. Selain itu dalam pembuatan surat pertanggungjawaban (SPJ), tidak melampirinya dengan bukti yang syah. Selain itu tersangka diduga memalsukan laporan dari Konsultas Pengawas. (tio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s