Mantan Perusda Jateng Unit Pabrik Es Tersangka Dugaan Korupsi

Posted: Juni 13, 2008 in kasus korupsi

SEMARANG- Mantan Manajer Perusda Jateng Unit Pabrik Es (PE) Saripetojo Cilacap, Okta Maulana ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan uang hasil dari PE sebanyak Rp 587,5 juta. Kasus itu diungkap POlda Jateng dan begitu terungkap Okta langsung diberhentikan dari jabatannya. Menurut Direktur Reserse Kriminal Polda Jateng Kombes Dewa Parsana melalui Kepala Satuan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Jateng AKBP M Yusuf berkas Okta Maulana sudah dikirim ke Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng, Jumat (13/6) kemarin.

Kasat Tipikor Polda Jateng, AKBP M Yusuf memaparkan, setelah dilakukan audit akuntan publik pada PE Seripetojo, 19 November 2007 ada tindakan yang melampui batas kewenangan tersangka yaitu menggunakan uang dari PE untuk kepentingan pribadi. Dari hasil penyidikan terungkap, mulai Oktober 2006 sampai dengan Oktober 2007, tersangka meminta uang dari Kepala Urusan Pemasaran PE Saripetojo, Supriyanto. Uang sebanyak Rp 372,5 juta itu hasil dari penagihan para konsumen. Kemudian Januari 2007 sampai dengan Oktober 2007, tersangka secara bertahap meminta uang kepada Sariyanto, Kasir PE Seripetojo sebanyak Rp 215 juta jadi total sebesar Rp 587,5 juta. Uang sebanyak itu oleh tersangka digunakan usaha pengembangan pembibitan jati tanpa izin Direksi Perusda Jateng. Penyidik lalu menerapkan pasal pasal 3 dan pasal 8 UU No31/1999 tentang pemberantasan Korupsi.

“Kasusnya telah ditangani penyidik berdasarkan surat penyidikan tanggal 7 Januari 2008 dan telah selesai Juni ini. Kemarin, pelimpahan tahap pertama ke Kejati,” ujar M Yusuf.

Kejaksaan Tinggi Jateng, melalui Aspidsus Kejati Uung Abdul Syakur didampingi Kasi Penyidikan Gatot Guno Sembodo menyatakan telah menerima pelimpahan berkas perkara korupsi PE Saripetojo Cilacap dari Polda Jateng. Menurut Uung, pihaknya akan segera meindaklanjuti dengan menyiapkan jaksa-jaksa yang akan melakukan pemeriksaan. “Segera kita akan tindak lanjuti dengan menyiapkan jaksa-jaksa,” katanya singkat pada wartawan. (tio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s