Pak RT Dipersoalkan Warganya Gara-gara Paving Bantuan Propinsi

Posted: Juni 12, 2008 in NEWS POLITIK

Kata Pak RT : Sebenarnya Tidak ada Masalah, Sebagai Orang Partai PKS Ingin Bantu Warga Desa Biar Lebih Maju

KENDAL – Sejumlah warga Dukuh Norowito RT 01 / RW 04 Desa Rejosari, Kecamatan Brangsong Kendal, akhir-akhir ini gegeran dengan ketua RT setempat, A Zaenuri. Pak RT yang juga menjabat Ketua Partai PKS Kecamatan Brangsong tersebut disoal warga gara-gara pavingisisi jalan menuju makam di desa itu hingga kini belum jelas. Padahal, anggaran itu dari APBD Propinsi Jateng senilai Rp 19 juta tersebut diyakini warga sudah cair sejak sekitar November 2007 lalu.

Salah seorang warga setempat, Yamyuri dilokasi jalan menuju makam itu, kepada HARIAN METEOR mengatakan, pihaknya mengaku aneh dengan pak RT-nya sendiri. Pasalnya, warga sudah tahu kalau ada dana dari bantuan Propinsi Jateng sudah cair sebesar Rp 19 juta itu untuk maving jalan menuju makam Desa Rejosari. Ia bersama sejumlah warga lainnya, termasuk sejumlah tokoh masyarakat setempat akan menuntut pada RT agar persoalan soal pavingisisasi itu dijelaskan kepada warga dengan jelas.

Tokoh masyarakat setempat, H Jono, dalam waktu bersamaan menyatakan, pihaknya sudah konfirmasi terhadap Kades dan Carik setempat. Intinya, kata pemerhati pemerintahan itu, pada sekitar bulan puasa tahun 2007 (bulan September), disebutkan pernah ada tim monitoring dari Pemrop Jateng meninjau lokasi jalan menuju makam. Dan disebutkan, dana segera cair setelah tim turun.

Intinya, warga disini tanya sama saya, ya saya awalnya kurang tahu persis. Namun ada informasi yang saya terima kalau warga sini memang dapat bantuan dari Pemrop berkat pengajuan proposal pak RT (A Zaenuri). Dan itu sudah cair. Coba aja anda konfirmasi sama pak Zaenurinya sendiri aja,”ujar H Jono kepada koran ini, Rabu (11/6) kemarin.

Sementara, A Zaenuri ketika dikonfirmasi koran ini di rumahnya Kamis (12/6) kemarin di rumahnya mengatakan, pihaknya memang mengaku mendapat bantuan dana pavingisasi dari Pemrop Jateng senilai Rp 19 juta. “Dan itu sudah cair sekitar setelah lebaran tahun 2007 (Oktober). Soal warga yang mempermasalahkan proyek itu, saya anggap tidak masalah. Karena memang tidak ada masalah. Dan ini saya yakin karena ada intrik politik dengan saya saja. Intinya semua ini ada kepentingan politiknya,”ujar A Zaenuri, kemarin.

Ia membantah kalau dirinya makan uang dari anggaran APBD Propinsi Jateng tersebut. Pavingisasi bantuan Pemrop itu menurutnya sudah dilakukan pemasangan, tapi dipasang sepanjang sungai depan rumahnya hingga gang jalan menuju makam. Kalau memang ada sebagian warga yang kurang paham ia sangat menyayangkan hal tersebut. Dan ketua Partai PKS Brangsong proposal ditunjukkan ke wartawan koran ini. Dalam proposal tahun 2007 tersebut diketahui isi volumenya berukuran 600 x 2 dengan anggaran Rp 19 juta.

Sebagai orang politik (Partai PKS) saya ingin bersama warga mbangun desa biar lebih maju. Jadi marilah kita bangun bersama desa ini. Karena saya ini orang partai bisanya ya mbantu warga dari proposal yang saya ajukan ke pemerintah. Didesa kami ini banyak kader partai. Mari bersatu mbangun desa demi kemajuan desa dendiri. Jangan malah mencari kesalahan orang lainlah. Dan sekarang ini banyak proposal yang akan saya ajukan, itu semua demi pembangunan desa ini,”tandas A Zaenuri, kepada HARIAN METEOR, kemarin sore di rumahnya.

Terkait dengan pengakuan Pak RT A Zaenuri tersebut, yang telah memasang paving disepanjang sungai depan rumahnya, dibantah oleh sejumlah warga setempat. Saat tokoh masyarakat setempat H Jono dihubungi melalui HP-nya, ia kaget dengan pengakuan Zaenuri tersebut. Menurutnya, pemasangan paving sepanjang pinggir sungai depan rumah salah seorang kader terbaik Partai PKS itu dibangun sekitar tahun 2006 dengan dana swadaya masyarakat setempat.

Waduh, seingat saya pemasangan paving itu tahun 2006-an. Jadi tidak mungkin. Karena pavingisasi sepanjang sungai ujung selatan sampai utara wilayah RT 01 / RW 04 itu dananya swadaya,”tandas H Jono yang juga mantan Kades setempat sejak tahun 1988-1999 ketika dihubungi koran ini melalui HP-nya, semalam. (jec)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s