Kades dan Ketua RW Tersangka Duit Pembangunan

Posted: Juni 6, 2008 in kasus korupsi

SEMARANG- Kades Penawangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Ichlam Suparno oleh Kejaksaan Negeri Ambarawa ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana pembangunan desa tahun 2002-2003. Selain itu Ketua RW IX, Kelurahan Kupangsari, Ambarawa, Budiono juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana beras untuk rakyat miskin (Raskin).

Informasi dari Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Ichlam ditetapkan sebagai tersangka berdaarkan surat perintah penyidikan nomor prin 25/O.3.42/Fd.1.03/2008 tanggal 17 Maret 2008. Hal itu dibenarkan Kepala Kejari Ambarawa Tjahjo Aditomo melalui Kasi Pidsus Slamet Widodo yang menyatakan pihaknya sudah mulai melakukan penyidikan kasus korupsi yang diduga dilakukan Ichlam Suparno.

Disebutkan Kasi Pidsus, tersangka menggelapkan dana pembangunan fisik dan nonfisik. Dana tersebut sudah cair, namun sebagian di antaranya penggunaannya tidak sesuai dengan Dasar Usulan Rencana Kegiatan atau RUSK. Seperti dana yang seharunya untuk pembangunan talud ternyata tidak ada pembangunan talud.

“Untuk nonfisik, seperti dana kegiatan remaja dan PKK, pihak karang taruna dan pihak PKK tidak mendapat aliran dananya. Dari total dana yang cair sekitar Rp150 juta, kerugian baru ditemukan sekitar Rp17 juta. Angka itu sangat mungkin bertambah, jika Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten nanti melakukan perincian,” kata Slamet Widodo.

Kasi Pidsus juga membeberkan soal naiknya status perkara dugaan korupsi dana beras untuk rakyat miskin (raskin)  tahun 2007 dengan tersangka Ketua RW IX, Kelurahan Kupangsari, Ambarawa, Budiono. Dalam kasus penyaluran raskin tersebut, Kejari baru menemukan tidak tersalurkannya dana bantuan raskin selama tujuh bulan sepanjang 2007 dengan nilai kerugian sekitar Rp 5 juta. Tetapi hasil pemeriksaan saksi-saksi, ditemukan penyimpangan penyaluran raskin di Kelurahan Kupangsari pada tahun 2005 dan 2006. Hanya saja nilai kerugian belum terhitung.

Selain menangani dua kasus tersebut Kejari Ambarawa juga telah menangani kasus dugaan korupsi pembangunan  Puskesmas Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang. (tio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s