Proyek Jalan Beton Senilai Rp 2, 5 M Diduga Bermasalah

Posted: Juni 2, 2008 in sorotan proyek

Dewan Nggembor, Moso Baru Dikerjakan Sudah ada Tambalan Sih…???

KENDAL – Proyek jalan beton di jalur tembus yang menghubungkan pertigaan Kelurahan Ketapang – Kebondalem Kota Kendal yang baru saja selesai, kini mendapat sorotan anggota dewan Kendal. Pasalnya, proyek ABPD Kabupaten Kendal 2007 senilai Rp 2, 5 milyar tersebut ditemukan sudah mulai retak-retak. Dan disinyalir, proyek yang dikerjakan PT SPU orang Semarang BW tersebut, diduga bermasalah.

Sorotan datang dari salah seorang anggota Komisi C yang membidangi masalah proyek, HM Taufiqullah, ST kepada HARIAN METEOR di kantornya, Senin (2/6) kemarin. Dikatakan Taufiq, baru-baru ini pihaknya mendapat laporan dari masyarakat tentang kondisi proyek yang saat ini masih tahap pemeliharaan. Kondisi proyek yang diduga bermasalah tersebut, ungkap anggota Fraksi PPP DPRD Kendal ini, ada dugaan karena pekerjaannya tidak sesuai spek.

Secara teknis harusnya proyek itu sesuai spek. Berapa ketebalannya, kuat tekan beton (K) berapa, ini yang harus dijelaskan pihak Bina Marga. Sebelum kami melangkah jauh, pihak Bina Marga lah yang bertanggungjawab kalau sampai dikemudian hari ada permasalahan yang fatal. Dan laporan akhir nantinya perlu data hasil dari laboratoriumnya seperti apa,”ujar Taufiq seorang ahli teknis ini, kemarin.

Disinyalir, kekuatan dan ketebalan proyek beton tersebut, tambah aktifis ’88’ ini diduga tidak sesuai spek sehingga jalan beton menuju stadion Utama Kendal tersebut sudah retak-retak. Termasuk soal teknis pembetonannya nanti akan dipertanyakan hingga harus dibuktikan dilapangan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Bina Marga Kendal Sugiono, didampingi dari Kabid Bina Marga Kendal, Yuni, mengatakan, bahwa proyek jalan beton tersebut masih dalam tahap perbaikan. Dijelaskan Giono melalui Yuni, sesuai spek dalam perjanjian kontrak disebutkan, yaitu kuat tekan beton (K) pada proyek itu adalah 450 kg per cm. Sedang ketebalannya 35 cm. Terkait dengan kondisi keretakan jalan, diakui oleh Giono dan sudah dilakukan perbaikan dengan suntikan beton (tambalan).

Kan belum ada penyerahan ke dua, sehingga kami masih memiliki kewenangan untuk minta perbaikan pada pihak kontraktornya. Dan sampai Juni 2008 proyek itu sampai diserah terimakan,”ujar Giono didampingi Yuni menggantikan pimpronya yang kini berdinas di Pembangunan Pemkab Kendal.

Pantauan koran ini dilokasi proyek, Senin (2/6) kemarin sore, terlihat jelas disejumlah titik jalan beton tersebut ada tambalan alias suntikan beton dengan warna kuning. Dan menurut sejumlah sumber dari warga setempat, ketika proyek ini dikerjakan hingga selesainya proyek tidak terlihat papan proyek. Soal papan proyek oleh Kadinas Bina Marga Kendal, yaitu Giono, disebutkan hal itu kemungkinan sudah hilang karena proyeknya sudah rampung.

Sementara, hingga berita ini diturunkan, BW asal Semarang dengan bendera proyek PT SPU selaku pemborongnya, belum bisa dimintai konfrmasi koran ini. (jec)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s