LSM KPK Jateng : Cagub yang Diindikasi Korupsi Diwaspadai

Posted: Juni 1, 2008 in kasus korupsi

Demi Terwujudnya Pemerintahan Bebas dari Koruptor

KENDAL – Demi terwujudnya pemimpin Good Governance dan Clean Governance, LSM Komite Penegak Kebenaran (KPK) Jateng menghimbau agar masyarakat bisa menentukan sikapnya yang bijak dalam pilgub Jateng 22 Juni 2008 mendatang. Pasalnya, sejumlah cagub dan cawagubnya diindikasi kuat terlibat kasus korupsi. Jika nanti yang terpilih seorang cagub atau cawagub ‘merk koruptor’, maka kedepan pemerintah Propinsi Jateng tidak sulit untuk menuju kepemerintahan yang sehat.

Demikian dikemukakan Ketua LSM KPK Jateng, Rizal, SH melalui Komisi Penindakan Unggul MM kepada HARIAN METEOR, Sabtu (31/5) di RM Tirtoarum Kota Kendal. Menurut aktifis Jateng tersebut, sejumlah nama calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) diindikasikan terlibat korupsi dan kini masih jadi agenda Kejaksaan Tinggi untuk diusut sampai tuntas. Dalam hal ini, pihaknya menghimbau agar menuju pemerintahan yang bersih itulah masyarakat dapat memilih haknya dengan menoblos calon pimpinan yang masih bersih dari noda merah.

Yang disesalkan Unggul, adalah sikap KPU dan Panwas Jateng yang dinilai tidak cerdas dengan aturan yang ada. Seharusnya, baik Cagub maupun Cawagub harus selektif dalam menentukan cagub maupun cawagub yang tidak dalam bermasalah. Apalagi, tambah Unggul, ada cagub yang sudah disebut-sebut tersangka oleh Kejati Jateng. Tapi kenyataannya tidak ada reaksi nyata dari kedua lembaga yang berhak menangani soal pilgub Jateng 2008 tersebut.

Cagub atau cawagub yang sudah terindikasi kasus-kasus korupsi patut diwaspadai oleh masyarakat. Ini persoalan teknis atau memang disekenario sedemikian rapatnya. Ada cagub yang dinyatakan jadi tersangka dalam kasus korupsi senilai Rp 6 milyar dari hitungan waktu setelah KPU mengumumkan calon-calon pasangan cagub-cawagub Jateng. Ini ada apa? Tapi baiklah, mungkin KPU dan Panwas sendiri memiliki alasan dasar hukum. Tapi ini patut dipertanyakan masyarakat kembali. Seharusnya, KPU dan Panwas Pilgub 2008 ini harus tanggap. Karena ditangan kedua lembaga inilah hasil pilgub akan dijadikan tumpuan pemimpin yang bersih,”papar Unggul MM, kemarin.

Disebutkan Unggul, selama ini seperti cagub Sukwi Sutarip dari Partai Demokrat dan PKS, Cawagub Rustriningsih dari PDI Perjuangan dan Tamzil yang diusung dri Partai PPP dan PAN, akhir-akhir ini digoyang isu seputar kasus korupsi. Kasus Sukawi sendiri sudah dinyatakan sebagai tersangka oleh Kejati Jateng belum lama ini dalam kasus dugaan dana komunikasi untuk perorangan dan anggota DPRD Kota Semarang periode 1999-2004. dalam kasus tersebut, negara dirugikan sebesar Rp 6 milyar. Dan kini, kasusnya tinggal menuggu bom waktu saja.

Selain kasus Walikpoat Semarang Sukawi Sutarip tersebut, Cawagub dari PDIP, yaitu Rustruningsih. Bupati Kebumen itu diduga kuat terlibat kasus APBD Kabupaten Kebumen 2005-2006 senilai Rp 4 milyar lebih. Kini, pihaknya telah mendesak Kejati Jateng agar kasus tersebut segera diperiksa dan kasusnya digelar perkarakan hingga tuntas. Sementara, Cagub Tamzil, diduga terlibat kasus renovasi rumah dinas Bupati Kudus dengan alokasi dana APBD 2004 senilai Rp 2, 8 milyar.

Sekalipun nampak jelas kepermukaan, namun perjalanan proses menuju pilgub ketiganya lancar. Bahkan, partai PKS tidak ambil pusing dengan setatus Sukawi Sutarip. Sementara, hingga berita ini diturunkan, dua cagub (Sukawi Sutarip dan Tamzil) dan Cawagub Rustriningsih belum dapat dikonfirmasi koran ini. (jec)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s