LSM-CJPW dan KPK Jateng Buka Layanan Online Publik di Kendal

Posted: Mei 31, 2008 in sorot kinerja kepolisian

Merespon Aduan Masyarakat Tentang Pelayanan Kepolisian

KENDAL – Dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tingkat Jateng, yaitu LSM Komite Penegak Kebenaran (KPK) Jateng dan Central Java Police Watch (CJPW) Jateng, per Juni 2008 ini membuka posko pengaduan layanan publik di wilayah kekuasaan hukum kepolisian Polres Kendal. Pengaduan yang resmi dari masyarakat nantinya akan ditindak lanjuti dua lembaga hingga ke meja Kapolda Jateng. LSM CJPW sendiri selama ini sudah bermitra dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jateng dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Rencana tersebut setelah LSM KPK dan CJPW Jateng bertemu LSM lokal Kendal yaitu Masyarakat Peduli Penegak Hukum (MPPH) yang dipimpin Kumaidi melakukan sharing pendapat di RM Tirtoarum Kendal, Sabtu (31/5) kemarin. Dari hasil pertemuan tersebut, Ketua Ekskutif LSM CJPW, Aris Soenarto yang membidangi sebuah lembaga untuk kebijakan dan pemantauan kinerja Polri di Jawa Tengah tersebut mengatakan, selama hitungan tri wulan terakhir paling banyak aduan terkait kinerja kepolisian se-Jateng adalah dari masyarakat Kendal.

Jadi dari sinilah, kami dari CJPW Jateng melakukan kerjasama dengan LSM KPK Jateng dan MPPH Kendal untuk membuka posko pengaduan untuk masyarakat Kendal. Setiap pengaduan dari masyarakat akan kami tindak lanjuti hingga penanganannya selesai. Dan setiap laporan yang kami terima, pihak masyarakat bisa mengikuti hasilnya tiap waktu. Dan semua bentuk aduan masuk akan kami bahas dan dijadikan laporan ke Kapolda Jateng,”papar Aris, kepada Harian METEOR, kemarin.

Aris yang didampingi dari pihak LSM KPK Jateng yaitu Unggul, MM, lebih lanjut mengemukakan, setelah pihaknya membuka posko pengaduan pelayanan publik diwilayah Kendal ini diharapkan angka ‘pelanggaran’ yang dilakukan oleh oknum anggota Polres Kendal akan turun dan ini sesuai harapan Kapolri Jendral Sutanto. Pelanggaran yang paling banyak diterima dari unsur pelanggaran sistem penanganan oleh oknum angota Reskrim, ke dua Satlantas lalu pelayanan Samsat.

Gerakan ini sekaligus membantu pencitraan pihak aparat kepolisian yang selama ini tetap dipandang oleh sebagian masyarakat sebagai lembaga yang kurang baik pelayanannya. Berbagai survei, seperti tayangan di-TV one tadi malam (Jumat, 30/5) program ‘Apa Kabar Indonesia Malam’ Humas Polri mengakui masih adanya kelemahan dijajarannya. Untuk itu, Polri sendiri terbuka untuk dikritik. Tapi dibawahnya yang seakan-akan bahwa lembaga kepolisian itu paling benar dan bebas untuk melakukan sesuatu terhadap masyarakat,”tambah Aris, kemarin.

Menurut aris lagi, posko pengaduan untuk sementara menempati sekretariatan di Perum Tunggulrejo Utara No 31 Kota Kendal. Selama 24 jam (online) pihak masyarakat dapat menghubungi tim dengan kontack person 081 325 100 327, Kumaidi 0888 397 5271, dan anggota CJPW wilayah Kendal, Joko Wiyono 085 226 520 538. Sedang CJPW Jateng dengan sekretariat Jl Kawi V No 564 Semarang telp (024) 70207406.

Semantara, hingga berita diturunkan semalam, Kapolres Kendal AKBP M Naufal Yahya hingga kini belum dapat dikonfirmsi LSM-LSM ini membuka posko layanan publik karena keberadaannya masih di Korea. Sedang Wakapolres Kendal Kompol Jhony, ketika dihubungi melalui ponselnya, ada nada aktif tapi tidak diangkat. (jec)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s