Mantan Bos Bank BPD Jateng Tersangka

Posted: Mei 30, 2008 in kasus korupsi

SEMARANG- Mantan pejabat tinggi BPD Jateng berinisial Wa oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi. Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Semarang Amirullah, didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus Dwi Samuji, kasus tersebut terjadi tahun 2004 yaitu penyelewengan dalam proyek jasa aplikasi infosystem switch yang diadakan BPD Jateng bekerjasama dengan rekanan dari perusahaan Inticom Berlian Mustika (IBM). Dalam perjanjiannya rekanan dari IBM menyatakan sistem aplikasinya ada hak lisensi yang harus dibayar oleh BPD. Namun saat itu perusahaan IBM belum punya lisensi. Tetapi BPD sudah terlanjur membayarkan kepada rekanan itu sebanyak USD 25.000. Setelah pembayaran baru urus lisensi ke IBM. Selain itu proyek dilakukan tanpa menggelar tender lelang.

Selain pejabat BPD Jateng, Kejari Semarang juga akan menetapkan pimpinan IMB berinisial S sebagai tersangka. Ditambahkan kasi Pidsus Dwi Samuji, kesalahan terberat jelas ada pada BPD karena terlalu mempercayai IBM yang mengaku memiliki lisensi. Selain itu proyeknya dilakukan tanpa ada tender lelang.

“Panitia lelangnya saja tidak ada, berarti tidak dilakukan lelang kan. Artinya sudah ada kong-kalikong antara W dengan S,” jelasnya kepada wartawan Jumat (30/5) kemarin.

Dalam kasus tersebut, tidak hanya lisensi yang dipermasalahkan. Ada indikasi penyimpangan biaya pemeliharaan alat yang terlalu besar. Pada perjanjian disebut satu kali datang satu kali bayar. Tetapi kenyataannya, BPD membayarkan secara penuh biaya pemeliharaan selama setahun (265 hari) senilai USD 3.000.

Sekalipun perangkat aplikasi infosystem switch tersebut berjalan dengan baik dan berguna di BPD Jateng. Tetapi menurut Kajari, tetap saja tidak dibenarkan me mark-up nilai pembiayaan seenaknya. Kasus tersebut menurut Kajari merupakan tindak lanjut atas audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (tio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s